TENTANG KURIKULUM
Kurikulum merupakan bagian garis besar penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri Darmaraja mengacu pada 6 pilar pendidikan, yakni learning to imtaq, learning to know, learning to do, learning to be, learning to life together, dan learning how to learn. Semua aspek yang menjadi dasar proses pendidikan SMAN Darmaraja seluruhnya tertuang dalam visi dan misi sekolah. Untuk menuju ketercapaian aspek-aspek yang ada maka kegiatan-kegiatan dilakukan melalui proses persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Semuanya dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada umumnya dan stakeholder SMAN Darmaraja pada khususnya.
Untuk mewujudkan proses pembelajaran secara efektif, kondusif, menyenangkan, mengasikkan, dan mencerdaskan diperlukan persiapan yang terencana, terarah dengan baik dan orientasi pembelajaran memenuhi :
1. Kesiapan peserta didik dalam menghadapi proses pembelajaran
2. Kesiapan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi
3. Kesiapan peserta didik untuk menghadapi kompetitif dalam perkembangan globalisasi
4. Kebutuhan lingkungan dunia usaha industri
5. Kesiapan pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 revisi secara utuh.
Pengembangan Kurikulum di SMAN Darmaraja mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Empat dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Penilaian merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.